Makassar (ANTARA News) - Captain Kapal Perang Singapura RSS Tenacious Komandan Ltc Chong Keng Shin dan RSS Vigour dengan Komandan Ltc Tung Kong Seng mengaku kagum dengan Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar.

"Saya senang berada di Makassar, apalagi pelabuhan yang dimiliki kota Makassar sangat besar yang membaginya ke dalam dua bagian yakni pelabuhan penumpang dan pelabuhan petikemas," kata Komandan Ltc Chong Keng Shin saat berpamitan dengan Komandan Lantamal VI Brigjen TNI (Mar) Chaedier Pattonory di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, kehadirannya di Makassar selama tiga hari itu untuk mengisi logistik setelah melakukan latihan bersama dengan TNI Angkatan Laut (AL).

Kapal perang Singapura RSN (Republic Singapore Navy) dan Kapal Perang Indonesia (KRI) melakukan latihan bersama berupa pertempuran di laut dengan nama Ex-Eagle 21/10. Latihan dipusatkan di perairan alur pelayaran Barat Surabaya, Laut Jawa, dan Selat Singapura.

Selain kegiatan bekal ulang logistik, anak buah kapal (ABK) kedua kapal perang Singapura ini juga akan melaksanakan pesiar (kunjungan wisata) di Sulsel.

"Saya tidak pernah membayangkan kalau Pelabuhan Makassar sebesar ini, apalagi pelabuhannya sangat bersih. Ini salah satu pelabuhan terbesar yang pernah saya saksikan," ujarnya.

Para tentara angkatan laut Singapura ini disambut Tari Pa'rasanganta (kampung halaman kita) dari Sanggar Mala' Birik Makassar.

RSS Tenacious berjenis friget dengan panjang 114,8 meter, lebar 16 meter, berat kapal 3.200 ton, dan kecepatan 27 knot memuat kru/ABK sebanyak 70 orang.

Sementara RSS Vigour jenis korvet, panjangnya 62 meter, lebar 8,2 meter, berat 600 ton, kecepatan 24 knot, memuat kru/ABK sebanyak 46 orang. (T.KR-MH/F003)

   

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar