Makassar (ANTARA News) - Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Selatan menyoroti kurangnya kesiapan Pemerintah Kota Makassar dalam menyambut program Visit Makassar 2011.

Ketua PHRI Sulawesi Selatan, Anggiat Sinaga di Makassar, Rabu, menjelaskan kurangnya kesiapan itu terlihat dari toddak konsisten pemerintah kota dalam melakukan promosi maupun keterbatas menyiapkan infrastruktur untuk mendukung program visit makassar 2011.

"Efek promosi masih setengah-setengah, belum ada konsistensi dari pemerintah setempat. Promosi ibarat kapal selam, kadang timbul kadang tenggelam," kata dia.

Dia mengaku, promosi pariwisata saat ini membutuhkan dukungan yang jauh lebih baik dari pemerintah setempat, karena banyak hal yang harus dibenahi seperti penyiapan toilet umum bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Makassar dengan menggunakan kapal pesiar.

"Fasilitas dan infrastruktur masih banyak yang belum memadai contoh kecil toilet umum atau kamar kecil. Toilet yang disiapkan itu hanya WC jongkok, sementara tamu-tamu asing yang akan datang itu butuh WC duduk," keluh Sinaga.

Dia mengaku pesimis jika hal-hal yang lebih besar bisa menjadi perhatian pemerintah setempat terkait hal-hal kecil yang seharusnya tiak menjadi persoalan bisa dilakukan dengan lebih baik.

Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) PHRI Makassar, Kwandi Salim dalam kesempatan itu meminta dinas terkait memfasilitasi pelaku industri pariwisata untuk memperoleh keuntungan dari kunjungan dua kapal pesiar pada November mendatang.

"Seharusnya pemerintah memanfaatkan peluang kunjungan dua kapal pesiar asing yang membawa sekitar ratusan wisatawan asing itu untuk mengeluarkan dananya berbelanja di daerah ini," ungkap dia.

Sebab, kata dia belanja wisatawan bisa menambah pendapatan dan memperbesar peredaran uang di daerah ini jika pemerintah mampu meyakinkan para turis kapal pesiar itu nginap di Makassar sambil menikmati beragam objek wisata menarik di daerah ini.(T.KR-HK/B012) 


Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar