Berita Terkait
Makassar (ANTARA News) - Museum Kota Makassar menggelar pameran budaya Tionghoa yang menjadi bagian dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2562.

Kepala Museum Kota Makassar, Nurul Chamisany, di Makassar, Selasa, mengatakan, pemeran budaya Tionghoa ini menjadi salah satu bagian dalam program untuk menarik minat pengunjung ke Museum Kota.

"Pameran budaya Tionghoa saat ini dilakukan karena masih bertepatan dengan suasana Tahun Baru Cina 2562," ungkapnya.

Menurut dia, pameran budaya Tionghoa juga menjadi momentum untuk melihat kembali perjalanan sejarah masyarakat Tionghoa di Makassar yang memiliki hubungan erat dengan masyarakat Makassar.

Selain itu, kata dia, pameran ini juga merupakan bentuk penghargaan terhadap peninggalan-peninggalan sejarah dan budaya Tionghoa di Kota Makassar.

"Peninggalan sejarah serta budaya Tionghoa itu sendiri dapat menambah khasanah baru dalam bidang budaya serta historis kota Makassar, sehingga perlu mendapatkan perhatian," tuturnya.

Terdapat sejumlah benda-benda serta dokumen peninggalan sejarah serta kebudayaan Tionghoa yang kami pamerkan saat ini, seperti naskah-naskah, foto-foto bangunan bersejarah, dan sebagainya," terangnya.

Kegiatan ini, kata dia, turut melibatkan berbagai pihak, seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Makassar, Lingkar Penulis Pariwisata (LPP) Makassar, dan sejumlah akademisi.

"Ini menjadi momentum awal untuk dapat mengembangkan potensi budaya Tionghoa di Makassar," ucapnya.

Selain memenunjukkan benda-benda peninggalan sejarah Tionghoa, pameran ini juga turut dimeriahkan oleh pertunjukan barongsai yang menjadi salah satu ciri khas budaya Tionghoa.
(T.KR-HK/F003) 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar