Berita Terkait
Makassar (ANTARA News) - Museum Kota Makassar hingga saat ini telah menyimpan sebanyak 900 benda bersejarah yang berasal dari berbagai wilayah di Makassar.

Kepala Museum Kota Makassar, Nurul Chamisany, di Makassar, Jumat, mengatakan benda-benda bersejarah tersebut terdiri dari naskah-naskah sejarah, keramik, benda pusaka, patung Ratu Wilhelmina, dana sebagainya.

"Misalnya saja, ada terdapat pula bola meriam sebanyak 60 buah yang merupakan benda peninggalan Belanda," ungkapnya.

Ia menambahkan sebagian besar benda-benda bersejarah tersebut diperoleh dari hasil penemuan, dan beberapa lainnya juga merupakan benda yang dititipkan oleh masyarakat.

Menurut dia jumlah benda sejarah tersebut merupakan yang terdata dalam arsip Museum Kota Makassar, namun belum seluruhnya dipajang karena keterbatasan ruangan.

"Saat ini kami juga sedang melakukan pendataan ulang benda-benda sejarah Museum Kota yang sudah tercatat dalam arsip," tuturnya.

Pendataan ini, lanjutnya, juga bertujuan untuk mengetahui kondisi benda-benda bersejarah tersebut, mengingat banyak dari benda tersebut yang saat ini hanya diletakkan di gudang.

Selain mendata benda-benda bersejarah, pihaknya juga masih terus melakukan pencarian benda pusaka yang disimpan oleh masyarakat.

"Kami terus mengimbau kepada masyarakat yang memiliki benda pusaka bernilai sejarah untuk dapat dititipkan di Museum Kota Makassar," ucapnya.

Ia menambahkan pihaknya juga akan menjalin koordinasi dengan berbagai museum di Sulawesi Selatan, seperti Museum Lagaligo, dengan tujuan untuk memperjelas keberadaan benda-benda Sejarah. (T.KR-HK/Z003) 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar