Makassar (ANTARA News) - Maskapai penerbangan Air Asia berencana akan membuka rute penerbangan langsung dari Makassar ke Singapura, Hongkong, Manila dan Brunei.

Station Manager Air Asia Makassar Moh Dikdik Mulyana di Makassar, Kamis, rencana menjadikan Bandara Internasional Hasanuddin tersebut sebagai titik keberangkatan kelima ibukota negara di Asia.

Pernyataan tersebut disampaikan kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo pada pertemuan tim promosi pariwisata dan tim tahun kunjungan Sulawesi Selatan 2012.

"Sesuai dengan arahan direktur utama, pada 2012, Makassar akan menjadi salah satu titik utama penerbangan di Indonesia timur, menambah dua titik utama yang telah ada yaitu di Medan dan Jakarta," ujarnya.

Kebijakan ini, lanjutnya, sekaligus akan mendukung program tahun kunjungan Sulawesi Selatan 2012. Selain karena permintaan pembukaan rute langsung Makassar-Singapura dari agen perjalanan semakin tinggi.

Ia mengatakan, jumlah penumpang maskapai ini pada rute Makassar-Kualalumpur dengan jadwal terbang empat kali dalam satu minggu terus mengalami peningkatan dan telah mencapai 85 persen, bahkan penuh saat musim liburan.

Maskapai yang secara keseluruhan memiliki 15 pesawat di Indonesia ini mengharapkan pemerintah dapat memberi kemudahan seperti pada biaya pendaratan dan biaya bandara.

Sementara itu, maskapai penerbangan lainnya yang beroperasi di Makassar juga menyatakan dukungannya pada tahun kunjungan Sulsel 2012.

Lion Air akan menambah delapan rute penerbangan dan pesawat, secara berkesinambungan mulai April 2011.

Sedangkan Merpati Airlines membuka kerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota yang memiliki bandara yang memiliki panjang landasan minimal 1400 meter untuk menempatkan satu pesawat seperti di Kabupaten Selayar dan Poso Sulawesi Tengah.

Sedangkan Batavia Air akan membuka rute Makassar-Mamuju serta Ekspres Air membuka rute Makassar-Wakatobi.

Garuda dan Sriwijaya juga siap mendukung dengan pendistribusian brosur promo wisata dan promosi pariwisata Sulsel melalui majalah penerbangan.(T.KR-RY/S019)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar