Manado (ANTARA News) - Prestasi Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) yang meraih terbaik dalam kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2009 tingkat nasional, harusnya jadi motivasi bagi peningkatan kinerja pemerintah kabupaten/kota.

"Gubernur Sulut SH Sarundajang sudah menunjukan keberhasilan membangun pemerintahan bersih dan berwibawa tingkat nasional, kabupaten dan kota harus mengikuti prestasi itu," kata anggota DPRD Sulut Lexi Solang, di Manado, Rabu.

Sebelumnya, Sulut meraih penghargaan prestasi peringkat pertama Provinsi kinerja terbaik dalam pelaporan penyelenggaraan pemerintah daerah terhadap LPPD tahun 2009, diterima Gubernur Sulut dari Wapres dan Mendagri pada peringatan Hari Otonomi Daerah ke-15 di Bogor, 25 April 2011.

Pada peringatan Hari Otonomi Daerah di Balaikota Bogor itu, Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang menerima Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 120-276 Tahun 2011 tentang Penetapan Peringkat dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2009.

Menurut Solang, sistem pemerintahan dan pelayanan yang baik dan optimal serta pengelolaan administrasi yang transparan, memberikan kesan bahwa pemerintahan Provinsi Sulut sukses.

"Begitupun dengan pemerintah kabupaten dan kota agar selalu menciptakan pelayanan cepat dan transparan, sekaligus meminimalisir dampak penyalagunaan kewenangan yang merugikan rakyat," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang, menyatakan tekadnya bersama segenap komponen pemerintahan dan masyarakat untuk terus mempertahankan prestasi sebagai pemerintah provinsi terbaik kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah terhadap LPPD 2009.

"Ini prestasi dan hasil kerja keras bersama komponen pemerintahan dan masyarakat di Sulut," kata Gubernur Sarundajang seperti disampaikan Kabag Humas Pemprov Sulut Christian Sumampouw.

Provinsi Sulut menduduki Peringkat pertama penetapan peringkat ini dilakukan setelah Tim Terpadu Kementerian Dalam Negeri RI melakukan penilaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2009.

Dimana terdapat 173 indikator penilaian yang akhirnya membawa Sulut menempati Ranking I.

"Ini merupakan kerja keras semua pihak, termasuk jajaran pemerintah daerah, DPRD sebagai wakil rakyat dan masyarakat Sulut secara keseluruhan," ujarnya.(T.H013/A034)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar