Polman, Sulbar (ANTARA News) - Komisi II DPRD Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Polman yang berkaitan dengan dunia usaha untuk memperioritaskan pengusaha.

Anggota Komisi II Bidang Pendapatan DPRD Polman, Nahar Bakri di Polman, Senin, meminta agar beberapa pimpinan SKPD yang berhubungan langsung dengan dunia usaha tidak menghambat dunia usaha melalui kebijakan yang memperberat dan mempersulit berjalannya dunia usaha di Polman.

"Salah satu yang memperberat para pengusaha adalah sulitnya mekanisme untuk mendapatkan ijin usaha, sehingga banyak pengusaha yang mengeluh karena tidak bisa melanjutkan usahanya," ujarnya.

Selain sulit mendapatkan ijin usaha, lanjutnya, pengusaha juga mengeluhkan mekanisme untuk mendapatkan ijin bangunan yang merupakan sarana dasar yang dibutuhkan untuk menjalankan usahanya.

"Untuk itu saya meminta seluruh SKPD yang terkait dengan berjalannya roda ekonomi tidak lagi melahirkan kebijakan yang memberatkan, melainkan memberi kemudahan untuk memberi pemasukan kepada daerah," ucapnya.

Bukan hanya memberi manfaat bagi daerah, Nahar mengaku dengan adanya pengusaha, roda perekonomian akan berjalan normal dan akan memunculkan lapangan kerja baru.

Sebagian besar lapangan kerja mampu tersedia akibat dukungan pengusaha yang menginvestasikan modalnya sehingga membuka peluang besar bagi daerah untuk mengurangi pengangguran.

"Kita tidak bisa menutup mata, pengusaha salah satu penompang berjalannya roda perekonomian yang dilakukan melalui investasi bagi beberapa sektor usaha yang berjalan di Polman," ujarnya.

Untuk wilayah Sulbar, Polman merupakan kabupaten yang memiliki penduduk terbesar dibanding empat kabupaten lain dan hal tersebut menandakan perlunya ketersediaan lapangan kerja yang lebih besar untuk menekan tingkat pengangguran.

Selain itu, di wilayah ini terdapat banyak potensi yang bisa dikembangkan melalui dunia usaha, khususnya pada sektor perkebunan, pertanian dan peternakan. (T.KR-MH/F003)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar