Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat melakukan kerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Yayasan Swadaya Mitra Bangsa (Yasmib) dalam melaksanakan program pengentasan kemiskinan.

Acara penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar dan Yasmib Sulbar dilakukan Sekertaris Daerah Provinsi Sulbar, Arsyad Hafid dan Direktur Program Yasmib Sulbar, Rosmiati, di Mamuju, Kamis.

Rosmiati mengatakan, kerjasama antara Pemprov Sulbar dan Yasmib itu dalam rangka menyusun program pengentasan kemiskinan dengan lebih peduli terhadap peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan serta perlindungan terhadap ibu dan anak dan korban kekerasan

Dia mengatakan, dalam program pengentasan kemiskinan itu perempuan di Sulbar yang tergabung dalam jaringan perempuan Sulbar akan dilibatkan dalam program pengentasan kemiskinan dalam kerjasama itu.

"Pelayanan publik terhadap perempuan dinilai belum maksimal dilihat dari tingginya angka kematian ibu melahirkan, sementara dalam hal pengambilan keputusan pemerintahan di negara ini, perempuan tidak dilibatkan dalam keputusan yang dianggap formal sehingga kedua kondisi yang dialami perempuan tersebut berbanding terbalik," katanya.

Kerjasama itu juga bertujuan untuk mengembalikan posisi perempuan untuk dapat berpartisipasi aktif berperan dalam mendukung pengentasan yang dilaksanakan Pemprov Sulbar bersama Yasmib.

Dia berharap perempuan dapat berperan membantu pemerintah di Sulbar dalam upaya menekan angka kemiskinan seperti dengan menekan angka kematian ibu dan anak serta menekan angka gizi buruk.

Selain itu, bersedia berpartisipasi membantu kegiatan untuk meningkatkan akses sekolah anak usia dini untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi untuk peningkatan sumber daya manusia yang dijalankan pemerintah.

Arsyad Hafid mengatakan, program pengentasan kemiskinan di Sulbar merupakan salah satu 'strong point' pembangunan yang dilaksanakan pemerintah di Sulbar yang sejalan dengan program pemerintah di tingkat pusat.

Dia berharap dengan kerjasama yang dilakukan Pemprov Sulbar dan Yasmib dengan melibatkan kaum perempuan dalam mengentaskan kemiskinan tersebut dapat mengurangi dan menekan angka kemiskinan di Sulbar yang mencapai 13,5 persen. (T.KR-MFH/F003)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar