BBPOM Musnahkan 155 Kosmetika Ilegal

MAKASSAR, SULSEL - KOSMETIK DIMUSNAHKAN. Sejumlah petugas Balai POM Makassar menyaksikan sejumlah produk kosmetik yang akan dimusnahkan saat pemusnahan barang bukti di kantor Balai POM Makassar, Sulsel, Selasa (12/7). Sebanyak 234 item produk kosmeti

Berita Terkait
Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 155 produk kecantikan (kosmetik) yang disita Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Makassar, Sulawesi Selatan, berhasil dimusnahkan karena tidak memiliki izin edar serta mengandung bahan berbahaya.

"Semua produk kosmetik ini diamankan karena tidak memiliki izin edar, apalagi pembuatan kosmetik yang mengandung bahan berbahaya ini meningkat drastis," kata Kepala BBPOM Makassar, Maringan Silitonga di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan, ribuan kosmetik ilegal yang diamankan itu mengandung bahan berbahaya yang dilarang untuk digunakan pada kulit manusia serta tidak melalui prosedur BPOM.

"Semuanya ada 155 jenis produk kosmetik dari berbagai merek dan jenis. Sedangkan jumlah kosmetiknya ribuan. Semua kosmetik ini mengandung bahan berbahaya yang dilarang untuk digunakan pada kulit, apalagi kulit yang sensitif," katanya.

Dari ribuan kosmetik yang diamankan terdapat 112 jenis kosmetik yang ilegal diantaranya, Pond's Age Miracle Day and Night Cream, pond's Mascara, Pond's Lipstic 3,5 gr, Pond's Detox Complete Beauty Care, Quint's Yen Temulawak Extra Nutrition Cream.

Whitening Natural Scrub 100 gr, Masker Payudara 50 gr, Masker Post Natal 100 gr, Massage Oil Musk, sabun sirih rose, Whitening Masker.

RDL Hydroquinone Tretinoin Babyface Solution 3, KAI Eye Shadow & Blush On, Lipstick Elizabeth Helen N.2, No.3. QL Day Cream (A), SJS Special Whitening Cream Pot. Plastik dan Chiumien Bleaching Pearl Cream serta Cupid Pearl Cream.

Ia mengatakan, semua kosmetik yang diamankan dalam puluhan kardus itu, mengandung bahan kimia yang dilarang seperti, kandungan Merkuri (Hg), Merah K3 (CI 15585) dan Merah K.10 (Rhodamin B), Hidrokuinon dan Tretinoin dan Asam retinoat.

Dia menjelaskan, bahan kimia Merkuri (Hg) termasuk logam berbahaya yang dalam konsentrasi kecil dapat menjadi racun.

Pemakaian Merkuri dapat menimbulkan berbagai hal, mulai dari perubahan warna kulit yang akhirnya dapat menyebabkan adanya timbul bintik-bintik hitam pada kulit.

Juga akan terjadi alergi, iritasi kulit, kerusakan permanen pada susunan syaraf otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin, bahkan pada jangka pendek dalam dosis tinggi dapat menyebabkan muntah-muntah, diare dan kerusakan ginjal serta merupakan zat karsinogenik (menyebabkan kanker) pada manusia.

"Kami mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan kosmetik yang dimaksud karena berdampak pada manusia," katanya. (T.KR-MH/F003) 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar