Berita Terkait
Makassar (ANTARA News) - DPRD Kota Makassar akan segera mengesahkan Perda Rumah Kos yang mengatur setiap pemilik rumah kos harus memiliki izin dan menjaga norma agama, kesusilaan dan adat istiadat.

Ketua Pansus Raperda Rumah Kos Rahman Rauf, di Makassar, Senin. maraknya pembangunan rumah kos di Makassar, Sulawesi Selatan, diindikasikan akan merusak tatanan, kesusilaan hukum dan adat istiadat sehingga Perda Rumah Kos akan segera diberlakukan.

"Saat ini regulasinya segera diputuskan, dan melalui Rancangan Peraturan Daerah ini siap dijadikan Peraturan Daerah tentang rumah kos akan diketuk pada rapat Paripurna mendatang, dan pastinya izin akan diterbitkan," katanya.

Anggota Komisi A DPRD Makassar ini mengatakan, intisari Raperda terdiri dari 10 bab dan 15 pasal itu, disebutkan pemilik rumah kos harus memiliki izin yang dikeluarkan Pemerintah Kota Makassar tentang pedoman pelaksanaan norma agama, kesusilaan dan adat istiadat.

"Kalau kapasitas kamar antara 5-10 izin kemungkinananya diambil dari pihak Kelurahan dan Kecamatan dan kalau lebih dari 10 kamar diharuskan mengurus ke pihak Tata Bangunan atau satu tingkat di atasnya," ungkapnya

Legislator asal PAN Makassar ini menyatakan, Selain memiliki izin, pengusaha rumah kos diminta bertanggung jawab secara keseluruhan atas semua aktivitas yang terjadi di dalam rumah kos seperti masalah ketertiban dan keamanan.

"Salah satu fungsi izin yang nantinya diterbitkan adalah pemilik kos juga harus mencegah peredaran dan penyalahgunaan Narkoba dan zat adiktif lainnya di dalam kamar kos. Tak hanya itu, tindakan asusila juga sangat rentan termasuk pemilik kos diharapkan menyediakan ruang tamu," katanya.  

Ia menambahkan pihak pemilik rumah kos juga diharapkan agar membangun rumah kos dengan memisahkan jenis kelamin.

"Regulasi dalam raperda juga mengatur pemisahan jenis antara laki-laki dan perempuan untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan seperti pada kasus-kasus sebelumnya yang terjadi di beberpa rumah kos di Makassar," akunya. 
(T.PSO-282/B013) 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar