Makassar (ANTARA News) - Hasil perolehan suara Azis Kahar Mudzakkar calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari daerah pemilihah provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) semakin tak terkejar oleh calon lainnya pada pemilu legislatif 2009 pada Kamis, 9 April 2009.

Azis yang juga incumbent (masih anggota DPD) dari Dapil Sulsel untuk sementara memimpin perolehan suara, hingga Sabtu (11/4) dengan meraih 3.100 suara, jauh meninggalkan pesaingnya Aksa Mahmud juga incumbent dengan hasil 2.596 suara.

Sementara pendatang baru Litha Brent meraih 627 suara dan Nurhayati yang juga satu-satunya calon anggota DPD wanita dari Dapil Sulsel meraih 486 suara, disusul P. Patanduk dengan meraih 453 suara.

Hasil rekapitulasi suara Pemilu 2009 di Sulsel hingga Sabtu (11/4) masih terus berlangsung masuk KPU Sulsel, baik untuk suara caleg DPR RI, DPRD provinsi maupun calon anggota DPD dari 24 kabupaten dan kota.

Sebanyak 34 calon anggota DPD dari dapil Sulsel memperebutkan empat kursi di Senator pada pemilu tahun ini, sama dengan Pemilu 2004 lalu.

Untuk sementara dua incumbent yakni Azis Kahar dan Aksa (Wakil Ketua MPR) sementara bersaing meraih perolehan suara, sementara incumbent lainnya Bunyamin Bura tertinggal jauh dari calon lainnya Nurhayati dan P. Patanduk.

Tim pemenangan Azis dan Aksa menyatakan optimistis kedua incumbent tersebut akan bertahan di kursi Senator pada pemilu tahun ini.

Azis diperkirakan mendulang suara di wilayah pemilihan Luwu Raya yang terdiri atas empat kabupaten yakni Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara dan Kota Palopo yang memiliki sekitar satu juta pemilih.

Sementara Aksa akan meraih suara mayoritas di kawasan Bosowa yang terdiri atas Kabupaten Bone, Soppeng dan Wajo dan tambahan suara dari sekitar 10.000 karyawan Bosowa Grup perusahaan pemilik Aksa yang tersebar di sejumlah daerah .

Sedangkan Litha Brent, pelimik perusahaan angkutan umum terbesar di Sulsel Fa. Litha harus bertarung dengan dengan rekan sedaerahnya P Patanduk di wilayah Tanatoraja dan sekitarnya.
(T.S016/B013)


COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar