Mamuju Utara, Sulbar (ANTARA News) - PT Astra Agro Lestari melakukan ekspansi perkebunan sawitnya dari Kabupaten Mamuju Utara (Matra) ke Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Comunity Development PT Astra Agro Lestari area sulawesi, I Made Suwana di Mamuju Utara (Matra), Minggu, mengatakan, PT Astra Agro Lestari sejak tahun 1990-an mengembangkan perkebunan sawit di Kabupaten Matra.

Ia mengatakan, dalam perkembangannya PT Astra Agro Lestari di Matra telah memiliki lima anak perusahaan sawit yang antara lain PT Pasangkayu dengan luas hak guna usaha (HGU) yang dimiliki sekitar 9.319 hektare beroperasi di Kecamatan Pasangkayu.

Kemudian PT Mamuang dengan luas HGU sekitar 8.488 hektare serta PT Letawa dengan luas 7.499 hektare beroperasi di Kecamatan  Tikke Raya Kabupaten Matra.

Selain itu PT Lestari Tani Teladan beroperasi di Kecamatan Baras dengan luas HGU 5.538 hektare dan PT Surya Raya Lestari I beroperasi di Kecamatan Sarudu dengan luas HGU sekitar 6.384 hektare.

Menurut dia setelah berkembang di Mamuju Utara PT Astra Agro Lestari kemudian melakukan perluasan areal tanaman sawitnya ke Kabupaten Mamuju.

Ia mengatakan, di Kabupaten Mamuju, PT Astra Agro Lestari yang telah menjadi perusahaan perkebunan sawit terbesar di Provinsi Sulbar, kemudian mengembangkan lagi dua perusahaan sawit yang kemudian menjadi anak perusahaannya.

Diantaranya kata dia, adalah perusahaan perkebunan sawit PT Surya Raya Lestari II yang beroperasi di Kecamatan Topoyo dan Budong-Budong Kabupaten Mamuju dengan luas HGU yang dimiliki 5.256 hektare, setelah itu mengembangkan satu anak perusahaan lainnya PT Badra Sukses yang dibangun sejak tahun 2000-an dan kini memiliki luas HGU sekitar 1.033 hektare.

"PT Badra Sukses mengembangkan sawit dengan mengubah perkebunan karet yang sudah dianggap tidak produktif miliknya, menjadi perkebunan kelapa sawit," katanya.

Ia mengatakan, dengan kehadiran perusahaan sawit di Sulbar, yakni di Kabupaten Mamuju dan Matra telah membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Selain itu memberikan kontribusi bagi peningkatan pendapatan daerah serta memberikan andil bagi pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan, agama, olahraga bagi masyarakat. (T.KR-MFH/D009)   

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar