Majene, Sulbar (ANTARA News) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, menyatakan laju pertumbuhan penduduk setiap tahun di daerah itu dalam enam tahun terakhir sebesar 1,97 persen dari jumlah penduduk saat ini mencapai 151 ribu jiwa.

Kepala Seksi Intergasi Pengelola dan Disminasi Statistik BPS Majene, Andar di Majene, Jumat, mengatakan bahwa laju pertumbuhan penduduk di daerah itu tidak terlalu besar dibanding beberapa kabupaten lain di Sulbar dengan beberapa indikator pendukung.

"Khusus di Majene, laju pertumbuhan penduduk bisa dikatakan stagnan dengan jumlah pertumbuhan tersebut. Hal ini juga bisa dikatakan sebagai proses alamiah yang tidak dipengaruhi oleh lonjakan penduduk secara tiba-tiba, begitupula sebaliknya," jelasnya.

Berbeda dengan dua kabupaten di Sulbar, Mamuju dan Mamuju Utara dianggap terjadi laju pertumbuhan penduduk yang cukup besar yaitu 5,94 persen di Mamuju dan 3,91 persen di Mamuju Utara. Selisih tersebut termasuk tinggi dibanding yang terjadi di Majene.

Membandingkan pertumbuhan di dua kabupaten tersebut, Andra mengatakan, Mamuju dan Mamuju Utara merupakan pengembangan kota dan kawasan pengembangan industri serta perkebunan di Sulbar, sehingga banyak warga yang melakukan migrasi ke dua kabupaten itu.

"Sementara di Majene, laju pertumbuhan penduduk tidak dipengaruhi oleh indikator yang terjadi di dua kabupaten tersebut sebab di daerah ini tidak terdapat pengembangan perkotaan maupun perindustrian," jelasnya.

Pada lain hal, Majene yang diproyeksikan sebagai kota pendidikan di Sulbar secara perlahan akan mengalami peningkatan laju pertumbuhan penduduk seiring minat mahasiswa dari beberapa kabupaten di Sulbar mengarah ke Majene.

Andra memperkirakan, laju pertumbuhan penduduk Majene selama beberapa tahun ke depan masih tetap seperti biasanya sebab hal tersebut akan dipengaruhi oleh ketersediaan sarana dan prasarana penunjang, khususnya yang berkaitan dengan fokus pengembangan kawasan yang akan dilakukan. (T.KR-AHN/R010) 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar