Berita Terkait
Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, mengalokasikan anggaran untuk mendukung program gerakan nasional peningkatan mutu dan produksi kakao (Gernas Pro Kakao).

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Mamuju, Abraham Lati di Mamuju, Selasa, mengatakan, pada 2012 pemerintah mengalokasikan anggaran untuk mendukung program gernas pro kakao yang dicanangkan pemerintah pusat di Mamuju.

Ia mengatakan, anggaran untuk mendukung program gernas pro kakao di Mamuju tersebut dianggarkan melalui APBD 2012 Kabupaten Mamuju.

Anggaran itu, kata dia, diantaranya untuk membangun jalan usaha tani menuju lahan perkebunan kakao petani sekitar Rp100 juta, kemudian membangun jalan kebun dengan anggaran sekitar Rp125 juta di Kecamatan Tapalang.

"Anggaran lainnya yang dialokasikan untuk gernas pro kakao di Mamuju adalah anggaran pembangunan jalan menuju kebun percontohan kakao di Kecamatan Tapalang sepanjang 500 meter dengan anggaran sekitar Rp60 juta,"katanya.

Menurut dia, dengan anggaran tersebut diharapkan program gernas pro kakao yang dicanangkan pemerintah pusat di Kabupaten Mamuju sejak 2009 dapat lebih maksimal dilaksanakan.

Gernas pro kakao di Mamuju telah menyentuh sekitar 5.800 hektare lahan kakao Mamuju melalui program rehabilitasi, intensifikasi dan peremajaan kakao.

Menurut dia, dari 5.800 hektare lahan kakao disentuh gernas pro kakao sekitar 400 hektare diantaranya melalui program peremajaan sementara untuk rehabilitasi dan intensifikasi tanaman kakao masing masing sekitar 2.700 hektare dari program itu.

Dengan disentuhnya sekitar 5.800 hektare lahan kakao di tahun ini maka secara keseluruhan lahan kakao yang tersentuh gernas pro kakao mencapai sekitar 33.850 hektare dari sekitar 65.000 hektare lahan kakao di Mamuju.

Ia mengatakan, pada tahun lalu Kabupaten Mamuju juga sudah menghabiskan dana Rp59 miliar untuk gernas pro kakao bersumber dari APBN

Ia berharap gernas pro kakao tersebut dapat meningkatkan produksi kakao di Mamuju yang tingkat produksinya mencapai 53.000 ton per tahun. (T.KR-MFH/A023) 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar