Makassar (ANTARA News) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan mulai memverifikasi jumlah calon haji 2012.

Kasubag Humas dan Kerukunan Umat Beragama Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel Muhammad Tonang di Makassar, Rabu, verifikasi dilakukan untuk memuktahirkan data calon haji di setiap kabupaten dan kota.

"Sementara verifikasi calon haji di daerah, apakah ada yang meninggal atau ada yang mundur, berapa jumlah pasti per kabupaten serta proses kelompok bimbingan ibadah haji,"jelasnya.

Batas verifikasi jumlah calon haji hingga Mei 2012. Namun, pemuktahiran data biasanya tetap dilakukan hingga jadwal pelaksanaan ibadah haji pada September 2012.

Ia mengatakan, kuota calon haji Provinsi Sulsel 2012 tetap pada angka 7.221 orang. Sementara untuk biaya perjalanan ibadah haji masih menunggu penetapan dari pemerintah pusat.

Persiapan lain yang dilakukan adalah verifikasi dan tes bagi petugas dari tim pemandu ibadah haji (TPIH) dan petugas pembimbing ibadah haji (PPIH) yang akan dilakukan pada pertengahan Mei 2012.

Pihaknya juga mengimbau para calon haji memilih biro perjalanan yang memiliki izin penyelenggara haji.

Pengawasan biro perjalanan yang menyelenggarakan haji merupakan kewenangan dari Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji Kemenag dan telah memublikasikan daftar biro perjalanan yang telah mendapat izin penyelenggaraan ibadah haji di situs haji.kemenag.go.id. (T.KR-RY/A013)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar