Berita Terkait
Makassar (ANTARA News) - Peserta ujian nasional (UN) tingkat SD dan sederajat di Provinsi Sulawesi Selatan berjumlah 164.529 siswa.

Ketua Panitia UN Sulawesi Selatan (Sulsel) 2012, Abdullah Djabbar di Makassar, Minggu, mengatakan, UN tingkat SD dan sederajat akan dilaksanakan pada 7-9 Mei 2012 dan hasilnya akan diumumkan pada 16 Juni 2012.

Ia menjelaskan, proses tender percetakan naskah soal UN SD telah selesai dan saat ini sementara menunggu proses cetak. Berbeda dengan naskah soal UN SMP dan SMA yang dicetak di Jakarta, naskah soal untuk SD dicetak di Makassar.

"Sudah siap semuanya. Sementara mau cetak, ini sudah tender dan kami sementara menunggu untuk percetakannya," katanya yang dihubungi melalui telepon genggam.

Soal tersebut, kata dia, dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan dikompilasi dengan soal dari pihak terkait di Sulsel.

"Soalnya ada yang dibuat oleh BSNP ada juga dari sini, tapi yang buat soal itu adalah guru-guru SD kita semua," jelasnya yang menambahkan soal akan langsung didistribusikan ke 24 kabupaten dan kota setelah seluruh proses pencetakan selesai.

Sebelumnya Dewan Pendidikan dan Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel menyatakan bahwa sudah saatnya penyelenggaraan UN tingkat SD dihapus.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel Andi Patabai Pabokori mengatakan, dirinya sudah beberapa kali bersurat ke Kementerian Pendidikan terkait usulan tersebut dengan alasan kualitas kecerdasan siswa tidak ditentukan melalui UN.

Ia memprotes UN SD karena dilakukan secara terpusat di Jakarta. "Kualitas dan kecerdasan murid SD bukan ditentukan lewat UN yang lebih tahu adalah gurunya," katanya beberapa waktu lalu. (T.KR-RY/Z002) 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar