Mamuju (ANTARA News) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Barat, menyampaikan, daftar tunggu calon haji hingga sekarang ini telah mencapai 12.605 orang, berarti calon haji harus sabar menunggu antrean hingga tahun 2015 mendatang,

"Berdasarkan data yang tersaji pada Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) telah tercatat jumlah daftar tunggu telah mencapai 12.605 orang. Ini berarti warga Sulbar yang ingin berangkat menunaikan ibadah haji harus bersabar mengantre paling tidak sembilan tahun," kata Kepala Bidang Urusan Haji Kanwil Kemenag Sulbar H. Misbahuddin di Mamuju, Selasa.

Menurut dia, daftar tunggu ini bisa jadi hingga 10 tahun dari sekarang apabila pemerintah pusat tidak memberikan tambahan kuota atau mengalami penurunan setiap tahunnya.

"Daftar tunggu calon jamaah haji di Sulbar dari tahun ke tahun terus bertambah sehingga harus ada yang rela menunggu hingga sembilan tahun lagi," tutur dia.

Ia menjelaskan, daftar tunggu calon haji terbanyak di Kabupaten Polman sebesar 4.819 orang, Kabupaten Mamuju sebanyak 3.746 orang, Kabupaten Majene 2.195 orang, Mamuju Utara sebanyak 1.273 orang dan Mamasa sebanyak 572 orang.

"Ini masih data sementara karena setiap waktu ada penambahan jumlah yang mendaftarkan diri untuk ikut menunaikan ibadah haji," ungkapnya.

Misbahuddin menuturkan, kemungkinan besar pembagian kuota setiap kabupaten tidak akan berbeda pada pelaksanaan haji pada tahun 2011.

"Pembagian kuota pada masing-masing kabupaten tak akan mengalami perubahan mencolok dari kuota tahun 2011. Jika nanti ada perubahan maka angkanya tak akan berbeda jauh dari tahun lalu," ucapnya.

Ia menambahkan, pada porsi penambahan kuota haji akan diprioritaskan bagi calon jamaah usia 80 tahun keatas.

  "Usia lanjut akan tetap diberikan prioritas untuk porsi tambahan. Mengenai jumlahnya kami belum mengetahui karena kuota tambahan merupakan kebijakan pemerintah pusat," pungkasnya. (T.KR-ACO/R010) 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar