Berita Terkait
Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan membantu petani melakukan sertifikasi lahan kakaonya agar mudah dalam mendapatkan bantuan permodalan dari perbankan.

"Pemerintah di Sulbar akan membantu petani agar mendapatkan kemudahan dalam melakukan sertifikasi lahan kakaonya di Badan Pertanahan Nasional," kata Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan bahwa sertifikasi lahan itu untuk memudahkan petani dalam mendapatkan bantuan modal usaha dari perbankan karena sertifikasi lahan merupakan syarat untuk mendapatkan bantuan permodalan mengembangkan usaha pertanian kakaonya.

"Pemerintah di Sulbar membantu melakukan sertifikasi lahan pertaniannya untuk mendapatkan bantuan modal dari perbankan karena hanya dengan cara itu petani akan mampu mengembangkan usaha pertanian kakaonya," katanya.

Menurut dia, kebijakan perbankan yang tidak mau membantu permodalan petani tanpa agunan dalam bentuk sertifikasi lahan adalah kebijakan yang tidak menguntungkan bagi pembangunan pertanian di negeri ini.

"Itu sebuah kelemahan karena petani dipersulit. Mestinya tanpa agunan, petani harus diberikan permodalan sepanjang dianggap layak dan memiliki peluang dalam mengembangkan usaha pertaniannya," katanya.

Menurut dia, perbankan di luar negeri sudah tidak membutuhkan lagi agunan dalam bentuk sertifikasi lahan bagi petani untuk memberikan bantuan modal bagi petani.

Hasil pertanian di luar negeri yang memberlakukan kebijakan itu justru mengalami peningkatan pesat dalam membangun ekonomi negaranya, kata Gubernur.

Oleh karena itu, dia berharap ke depan perbankan di negara ini juga tidak lagi memberlakukan kebijakan memberikan modal jika mesti melalui agunan. Akan tetapi, hanya memperhatikan peluang usaha bagi petani dalam mengembangkan usaha pertaniannya.

"Negara ini mesti mencoba melakukan terobosan membangun pertanian dalam rangka meningkatkan ekonomi daerah dan negara dengan tidak lagi membebani petani dengan berbagai persyaratan ketika membutuhkan modal usaha," katanya.  (T.KR-MFH/D007) 


Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar