Manado (ANTARA News) - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan(Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut) menurunkan tim pengawas alat ukur timbang takar dan perlengkapannya(UTTP) di dua kabupaten kepulauan Sulut.

"Tim pengawasan sudah berangkat ke Kabupaten Siau Tagulandang dan Biaro(Sitaro) dan Kabupaten Sangihe pertengahan Juni 2012, mereka akan melakukan pengawasan selama kurang lebih tiga minggu," kata Kepala Disperindag Sulut, Sanny Parengkuan di Manado, Kamis.

Sanny mengatakan, tim akan melakukan pengawasan UTTP hingga kawasan kecamatan yang ada di dua kabupaten kepulauan tersebut.

Kepala UPTD Metrologi Disperindag Sulut, Renny Tampi mengatakan, tim turun selain melakukan pengawasan alat ukur agar layak digunakan dalam perdagangan, tetapi juga tera ulang terhadap UTTP yang sudah habis masa berlakunya.

"Seluruh UTTP harus dilakukan tera ulang secara periodik, jangka waktunya berdasarkan jenis alat ukur yang digunakan," kata Renny.

Peran UTTP dalam perdagangan sangat penting, karena bukan hanya kepentingan perdagangan itu sendiri, tetapi juga untuk perlindungan bagi konsumen terhadap alat ukur yang merugikan.

"Jadi kepentingan pengawasan UTTP seusai dengan Undang Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal, juga Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen," kata Renny.

Pemerintah daerah, kata Renny melakukan pengawasan secara periodik tahunan di kabupaten kepulauan, dan untuk tahun ini akan diupayakan lebih banyak UTTP yang diawasi. (T.G004/M019)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar