Mamuju (ANTARA News) - Pembangunan pelabuhan Tanjung Baku Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, menghabiskan anggaran sekitar Rp50 miliar.

Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Rabu, mengatakan anggaran pembangunan Pelabuhan Tanjung Baku Pasangkayu itu dari APBD dan APBN, dibangun mulai 2009 hingga 2011.

Dia mengatakan itu pada saat menerima rombongan anggota Komisi V DPR-RI di Sulbar yang dipimpim H Muhiddin M Said. Anggota dewan ini meninjau infrastruktur yang dibangun pemerintah daerah di Sulbar.

Gubernur mengatakan, pelabuhan Tangjung Baku dibangun Pemerintah Provinsi Sulbar bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Mamuju Utara.

Ia mengatakan, pelabuhan tersebut dibangun bersama dengan dua pelabuhan regional lainnya yang juga dibangun Pemprov Sulbar.

Dua pelabuhan lainnya itu telah rampung pembangunannya yakni pelabuhan di Kecamatan Budong-budong Kabupaten Mamuju serta pelabuhan Silopo, Kecamatan Campalagian di Kabupaten Polewali Mandar.

Gubernur mengatakan, pembangunan pelabuhan Pasangkayu itu diharapkan dapat menambah sarana pelabuhan laut di Sulbar dalam rangka memperlancar distribusi barang antarpulau serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

"Pelabuhan tersebut akan menjadi pelabuhan regional di Provinsi Sulbar dan akan menjadi kebanggaan masyarakat untuk mendukung bongkar muat barang serta hasil bumi Mamuju Utara yang dikenal sebagai daerah penghasil sawit," katanya.

Menurut dia, pelabuhan Tanjung Baku, Mamuju Utara, yang dibangun sejak 2009 itu akan segera difungsikan pada 2012.  (T.KR-MFH/E005)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar