Makassar (ANTARA News) - Program layanan kesehatan cuma-cuma bagi masyarakat miskin, Rumah Sehat (RS) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang keempat diresmikan pengoperasiannya di Makassar, Senin.

Ketua Umum Baznas Didin Hafidhuddin menjelaskan, peresmian penggunaan Rumah Sehat Baznas di Makassar, merupakan yang keempat setelah sebelumnya telah dibuka di Jakarta, Yogyakarta dan Sidoarjo.

Pembangunan Rumah Sehat Baznas di Makassar merupakan hasil kerja sama dengan PT Pertamina (Persero) dan Yayasan Wakaf Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Pertamina mengucurkan anggaran senilai Rp3 miliar untuk pembangunan rumah sehat dengan sejumlah fasilitas seperti instalasi gawat darurat, rawat inap, poli umum, rawat gigi, ruang ibu dan anak serta konsultasi psikologi.

Bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 700 meter persegi di dalam kompleks Rumah Sakit Ibnu Sina milik UMI merupakan wakaf dari Yayasan Wakaf UMI.

Lokasi tersebut dinilai sangat strategis dari sisi kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Disamping itu, letaknya yang berdekatan dengan RS Ibnu Sina akan memudahkan koordinasi dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu dapat berjalan optimal.

"Kita memang berharap RS ini menjadi bagian dari sebuah kerja sama besar yang kita lakukan. Kerja sama ini misalnya sebagai contoh dan kita berupaya di mana ada universitas, di situ kita coba kerja sama dengan mereka karena berkaitan dengan sdm (sumber daya manusia)," kata Didin.

Ia menjelaskan, layanan kesehatan RS diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu dengan melengkapi surat keterangan tidak mampu yang kemudian akan diverifikasi oleh pihak RS.

"Pada saat pertama memang diobati untuk berikutnya mereka harus menjadi anggota. Supaya tidak ada orang mengaku-ngaku miskin padahal dia mampu," jelasnya.

Warga yang telah menjadi anggota, dikatakannya tidak dipungut biaya apapun. "Dari pengalaman tiga (RS) yang sudah, sekitar Rp140 juta hingga170 juta per bulan itu kita yang mengusahakan," katanya.

Rumah Sehat yang dikelola sepenuhnya oleh Baznas ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman kerja sama Baznas dan Pertamina pada 17 Maret 2012 di Istana Negara.

Selain mendukung program pemerintah pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu Rumah Sehat Makassar yang pembangunannya mulai dicanangkan pada 30 September 2011 juga bertujuan untuk mencapai target MDG's seperti penurunan angka kematian ibu, bayi dan pemberantasan penyakit infeksi. 
(T.KR-RY/S016) 


Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar