Makassar (ANTARA News) - Tim pencak silat Sulawesi Selatan menargetkan tampil sebagai juara umum pada kejuaraan nasional mahasiswa antar-PPLN di Universitas Negeri Makassar (UNM), 7-12 November 2012.

Pelatih silat Sulsel Alimin di Makassar, Senin, mengatakan, target tersebut cukup realistis mengingat perkembangan kemampuan atlet yang dimiliki. Pihaknya juga berharap faktor tuan rumah semakin meningkatkan motivasi atlet untuk meraih hasil maksimal.

"Kita akui Untuk menjadi juara umum merupakan hal yang tidak mudah. Namun kita tetap optimistis melihat peningkatan kemampuan atlet. Kita juga cukup diuntungkan dengan status sebagai tuan rumah," jelasnya.

Guna mewujudkan target tersebut, tim silat Sulsel memutuskan akan menurunkan lebih banyak atlet. Pihaknya, kata dia, bahkan siap mengisi seluruh kuota yang akan dipertandingkan pada kejuaraan tahunan tersebut.

Pada kejurnas tersebut, akan dipertandingkan tiga kategori diantaranya antar-PPLN, antar-Unit Kerja Mahasiswa (UKM), serta Badan Kegiatan Mahasiswa Fakultas (BKMF). "Kita menyiapkan sekitar 30 pesilat untuk memperkuat Sulsel di seluruh kategori. Untuk atlet sendiri tidak hanya dari UNM namun berasal berbagai perguruan tinggi di Makassar," katanya.

Mengenai kekuatan lawan di kejurnas, Tim Sulsel tetap memberikan kewaspadaan terhadap beberapa daerah diantaranya Jatim, DKI Jakarta, serta Jateng yang pada pelaksanaan 2011 tampil sebagai juara umum.

"Pada kejurnas PPLN 2011 kita berhasil menjadi juara umum ketiga meski hanya mengandalkan lima pesilat. Namun dengan banyaknya atlet yang disiapkan kita tentu berharap bisa lebih baik lagi," ujarnya.

Panitia kejurnas PPLN Muhammad Arham menjelaskan, kejuaraan tahunan tersebut merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan di Makassar. Pihaknya mengharapkan dukungan seluruh pihak demi suksesnya kejuaraan tersebut.

Untuk kejurnas PPLN 2012, lanjutnya, telah diundang sekitar 29 PPLN dari sejumlah perguruan tinggi. Pihak penyelenggara juga mengundang sejumlah pesilat berprestasi di Pomnas 2012 serta kejurnas antar-perguruan tinggi se -Indonesia IV di Makassar, 7-14 April 2012.

"Kejuaraan antar-PPLN ini memang yang pertama digelar di Makassar. Kejurnas kali ini juga merupakan kepercayaan sehingga pentingnya dukungan masyarakat untuk ikut menyukseskannya," ucapnya. 
(T.KR-DF/F003) 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar