Berita Terkait
Palu (ANTARA News) - Pemerintah Kota Palu akan membantu penggambaran denah rumah baru korban kebakaran di sekitar Pasar Masomba, Senin.

"Semuanya gratis, tanpa biaya," kata Kepala Dinas Penataan Ruang dan Perumahan Kota Palu Ramli Usman, Rabu, saat meninjau lokasi kebakaran.

Dia mengatakan, pemilik rumah atau bangunan di lokasi kebakaran harus bisa menunjukkan bukti kepemilikan lahan agar bisa segera dibantu.

Ramli berupaya denah rumah atau bangunan baru itu bisa dilewati mobil atau kendaraan lainnya agar kalau terjadi bencana bisa segera ditangani.

Sementara itu, lokasi kebakaran itu berada di lokasi padat penduduk dan hanya memiliki jalan yang bisa dilalui sepeda motor.

Menurut dia, kondisi itu sangat berisiko ketika terjadi kebakaran atau bencana lainnya.

Dia juga mengimbau kepada warga lainnya yang akan mendirikan rumah atau bangunan agar bisa memiliki izin mendirikan bangunan sehingga bisa diperiksa keamanannya.

Sebelumnya Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Palu perlu menata kembali permukiman warga dan tempat usaha di daerah-daerah padat penduduk untuk menghindari kebakaran yang menimbulkan banyak korban jiwa.

"Tempat ini (lokasi kebakaran) sudah bercampur tempat usaha dengan tempat tinggal. Sudah begitu daerahnya juga padat," kata Longki Djanggola

Kebakaran yang terjadi pukul 04.45 WITA tersebut merenggut lima nyawa yang merupakan penghuni rumah kos di dalam pasar tersebut.

Kelima korban itu ditemukan pukul 07.00 WITA dalam kondisi terpanggang sehingga sulit dikenali identitasnya.

Kelima korban meninggal dunia itu adalah Hilna (16), Nurlina (21), Titin (18), Diana (16), dan Atjo yang belum diketahui umurnya.

Korban berasal dari Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Parigi Moutong.

Selain lima korban tewas, terdapat juga sejumlah korban luka yang hendak menyelamatkan diri.

Tiga sepeda motor juga hangus terbakar.

Selain rumah kos yang terbakar, belasan toko juga musnah dilalap si jago merah.

Saat ini polisi masih melakukan olah tempat kejadian perkara dan meminta keterangan sejumlah saksi guna mengetahui penyebab terjadinya kebakaran. (T.R026/Z002)
    

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar