Mamuju (ANTARA News) - Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah I Provinsi Sulawesi Barat menyampaikan, perbaikan jembatan Rimuku, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, akan dipercepat dari 15 paket proyek yang dikerjakan di wilayah itu.

"Ada 15 paket pembangunan jembatan yang kami laksanakan saat ini. Namun, kami lebih fokus untuk dilakukan percepatan perampungan jembatan Rimuku untuk menghindari kemacetan lalulintas pada wilayah perkotaan di Mamuju,"kata Kepala Satker BBPJN Wilayah I Sulbar, Romul Parawesi di Mamuju, Sabtu,

Menurutnya, percepatan perampungan pembangunan jembatan Rimuku ini masuk dalam skala priorotas karena pertimbangan telah menimbulkan dampak kemacetan akibat dilakukan pengalihan jalan untuk sementara.

"Akses jalan terpaksa kita alihkan sementara karena sementara dilakukan perbaikan jembatan. Makanya, kami telah mengingatkan PT Passokkorang selaku kontraktor untuk menuntaskan secepatnya minimal tuntas pada awal Januari 2013,"kata dia.

Pengalihan jalan akibat pembangunan jembatan ini kata Romul, telah mendapat izin dari pihak Polres Mamuju.

"Pihak Polres hanya memberi batas toleransi penutupan jalan hingga tiga bulan. Artinya, proyek ini sudah tuntas paling lambat Januari 2013,"kata Romul.

Romul menyampaikan, ada 15 paket proyek multi years pembangunan jembatan yang saat ini sementara dalam tahap pekerjaan.

"Pembangunan 15 jembatan sepanjang jalur trans Sulawesi bagian barat ini ditargetkan selesai paling lambat Agustus 2013. Khusus jembatan Rimuku hanya ditargetkan tuntas selama tiga bulan dari sekarang,"katanya.

Dia juga mengatakan, dari 15 paket proyek pembangunan jembatan ini bakal menghabiskan anggaran hingga mencapai Rp86 miliar dan tersebar pada tiga kabupaten di Sulbar yakni Kabupaten Polewali Mandar, Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju.

Proyek pembangunan jembatan di Mamuju, kata dia, tersebar pada empat titik yakni pembangunan jembatan di daerah Galung-Galung dan Jembatan Karanamu, Kecamatan Tappalang dan kemudian pembangunan Jembatan Rimuku, Kecamatan Mamuju dan pembangunan Jembatan Bolong di Kecamatan Simboro.

Sedangkan pembangunan jembatan di wilayah Kabupaten Majene terdapat 10 paket masing-masing berada di daerah Teppo Dua, Sumakuyu, Pumbiu, Galung-Galung, Rawang-Rawang, Sulai, Laiyya, Toli-Toli, Onang dan Takombe.

"Pembangunan jembatan di Kabupaten Polman hanya satu paket berada di daerah Pippola. Proyek pembangunan 15 paket ini sementara dalam tahap pekerjaan yang diharapkan tuntas hingga masa kontrak yang telah ditentukan,"ungkap Romul. (T.KR-ACO/M019) 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar