Berita Terkait
Makassar (ANTARA News) - Direktur Rumah Potong Hewan Tamangapa Makassar Sudirman Lanung mengatakan, gejolak harga daging sapi nasional belum memengaruhi harga daging sapi di Sulawesi Selatan.

"Harga daging sapi di daerah ini masih cukup stabil yakni Rp75 ribu per kilogram. Harga daging sapi sempat naik, tapi itu hanya pada saat menjelang Idul Adha lalu," kata Sudirman di Makassar, Jumat.

Menurut dia, meskipun harga daging sapi di daerah ini masih cenderung stabil, namun pihaknya tetap mengantisipasi kondisi itu.

Salah satu upaya yang dilakukan, lanjut dia, dengan mengaktifkan koordinasi dengan sejumlah sentra produksi sapi di Sulsel diantara Kabupaten Sidrap, Soppeng, dan Bone.

"Sebenarnya persoalan harga daging sapi hanya dipengaruhi dua faktor yakni pangsa pasar dan pasokan. Apabila kedua unsur tersebut terpenuhi, maka tidak ada gejolak harga," katanya.

Mengenai jumlah kebutuhan daging sapi di Sulsel, lanjut dia, untuk wilayah Sulsel rata-rata 15 ton per hari, sedang khusus di Kota Makassar tercatat lima ton per hari.

Khusus jumlah kebutuhan daging sapi dari total warga Kota Makassar yang mencapai 1,3 juta jiwa itu dapat terpenuhi dengan pemotongan 40 - 50 ekor per hari.

Permintaan daging sapi hanya akan meningkat menjelang hari raya keagamaan seperti hari raya Idul Fitri, Idul Adha dan Natal, termasuk pada pergantian tahun ataupun tahun baru.

"Jumlah permintaan tersebut dapat mencapai 30 persen dari total jumlah kebutuhan normal untuk daging sapi," kata Sudirman. (T.S036/Z002)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar