Makassar (ANTARA News) - Tim sepak bola dan takraw Sulawesi Selatan tampil sebagai juara di Pekan Olahraga antar-Wilayah (Popwil) IV di Makassar, 3-6 Desember 2012.

Tim Sepak bola Sulsel sukses menjadi yang terbaik setelah mengalahkan Kaltim di babak final yang digelar di Lapangan AURI Makassar, Jumat, dengan skor 2-1. Kemenangan yang diraih sekaligus memastikan tim sepak bola Sulsel tampil di Pekan Olahraga pelajar Nasional (Popnas) di Jakarta, September 2013.

Predikat sebagai juara juga diraih tim sepak takraw Sulsel setelah mengalahkan tim Kaltim di partai terakhir dengan skor 2-1. Pada laga sebelumnya, tim Sulsel juga berhasil meraih kemenangan saat menghadapi Jatim (3-0), Sulbar (2-1), dan Sultra dengan skor 3-0.

Pelatih sepak takraw Sulsel Rustam, seusai pertandingan mengatakan, keberhasilan timnya keluar sebagai juara sekaligus melampaui target awal yang hanya sampai babak final.

"Kita awalnya hanya berharap bisa meraih tiket Popnas 2013 namun ternyata bisa keluar sebagai juara pertama. Ini juga tak lepas dari persiapan tim yang cukup maksimal menghadapi Popwil 2012. Mudah-mudahan penampilan ini tetap terjaga hingga Popnas," jelasnya.

Mengenai peluang Sulsel di Popnas 2013, menurut dia, masih cukup besar. Pihaknya juga mengakui lawan yang akan dihadapi akan jauh lebih berat dibandingkan Popwil. Adapun daerah yang paling diwaspadai pada Popnas 2013 tentu saja musuh abadinya Jateng.

Menurut dia, kualitas petakraw Jateng baik yang muda ataupun senior memiliki kemampuan yang relatif sama. Tim Sulsel juga telah menyiapkan berbagai antisipasi agar bisa bersaing sekaligus meraih hasil maksimal di Popnas.

Untuk mendukung penampilan tim, pihaknya berharap dukungan penuh dari pihak Dispora Sulsel khususnya dalam penyediaan fasilitas yang dibutuhkan termasuk anggaran untuk menggelar sejumlah ujicoba.

"Kita ingin mematangkan kemampuan dan mental atlet dengan ikut di berbagai kejuaraan. Namun untuk merealisasikan itu tentu harus dari rekomendasi Dispora," katanya.

Sebelum tampil di Popwil 2012, tim Sulsel telah melakukan beberapa laga ujicoba menghadapi sejumlah tim seperti Takalar, Gowa, serta tim PON Sulsel.

Bidang Pembinaan dan Prestasi PTSI Sulsel Ramli menjelaskan, keberhasilan tim Sulsel menjuarai Popwil Makassar membuktikan proses regenerasi atlet sudah berjalan baik. Kondisi ini diharapkan tetap terjaga hingga bisa menjadi andalan Sulsel ditingkat nasional ataupun internasional.

"Atlet muda inilah yang akan menjadi tumpuan Sulsel menghadapi PON mendatang. Kita juga meminta seluruh atlet tidak cepat berpuas diri karena perjalanan masih panjang," ujarnya. (T.KR-DF/F003)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar