Makassar (ANTARA News) - Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin tertanggal 5-18 Januari resmi cuti dari aktivitasnya untuk mengikuti kegiatan politik yakni kampanye pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan yang akan berlangsung bulan ini.

"Surat cutinya hari ini diantar ke Jakarta setelah sebelumnya telah mengajukan cuti kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Surat cuti itu kemudian ditembuskan ke Kementerian Dalam Negeri," ujar Kabag Humas Makassar Mukhtar Tahir di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, pengajuan cuti yang dilakukan wali kota itu mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 32 RI Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah (Pemda), terkait keikutsertaan Ilham Arief Sirajuddin dalam pemilihan gubernur (Pilgub).

Setelah adanya pengumuman cuti itu, kata Mukhtar Tahir, maka tugas-tugas Wali Kota Makassar yang sebelumnya dilaksanakan oleh Ilham Arief Sirajuddin secara otomatis akan diambil alih oleh Waki Wali Kota Makassar Supomo Guntur.

"Untuk tugas-tugas pemerintahan yang sebelumnya dijalankan oleh pak Ilham akan dijalankan oleh pak wakil wali kota dan ini secara otomatis akan berjalan karena tugas-tugas pemerintahan harus terus dijalankan," katanya.

Ia menjelaskan, proses ijin cuti sebagai kepala daerah Ilham sudah dikirim ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel yang ditembuskan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta.

Dia mengatakan, sesuai redaksi perihal waktu ijin cuti Ilham itu sedianya akan mulai pada 5 hingga 18 Januari mendatang. Dan selama Ilham mengikuti tahapan kampanye Pilgub Sulsel, maka selama itu pula jabatan Wali Kota Makassar berada di tangan Supomo Guntur yang akan dibantu Sekretaris Daerah (Sekda) Makassar Agar Jaya menjalankan roda pemerintahan.

"Pak Ilham akan mulai cuti sebagai Wali Kota Makassar selama dua minggu untuk mengikuti tahapan kampanye Pilgub Sulsel yang akan dimulai 05 - 18 Januari 2013. Dan beliau (Ilham,red) akan kembali berkantor pada Sabtu, 19 Januari mendatang." ucapnya.

Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin yang dikonfirmasi di rumah jabatannya membenarkan jika dirinya telah mengajukan surat cuti, bahkan Ilham telah mengajukan surat cuti sejak sebulan lalu ke Pemprov Sulsel dan Kemendagri.

  "Saya telah mengajukan surat cuti sebagai Wali Kota Makassar ke Gubernur Sulsel dan selanjutnya saya tinggal menunggu keluarnya surat rekomendasi cuti saya," ujarnya. (KR-MH//N001

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar