Berita Terkait
Makassar (Antara Nws) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Makassar menargetkan nilai investasi di daerah itu pada 2013 bisa mencapai Rp5 triliun hingga Rp7 triliun setelah melihat pertumbuhan perekonomian di Sulawesi Selatan yang melampaui angka rata-rata nasional.

"Target kami realistis, dan kami optimistis jika angka Rp5 triliunhingga Rp7 triliun itu akan mampu dicapai hingga penghujung 2013," kata Sekretaris Disperindag Kota Makassar Suwiknya HS di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi Makassar yang selama 2012 tumbuh sekitar 10 persen menjadi indikator target pencapaian nilai investasi triliunan itu di Makassar.

Selain pertumbuhan ekonomi Makassar mencapai10 persen, faktor lainnya adalah keberadaan infrastruktur yang menjanjikan bagi para investor untuk menanamkan modalnya.

Apalagi dengan adanya konsep rencana induk pengembangan Kota Makassar, Kabupaten Sungguminasa, Maros dan Takalar (Maminasata) di Sulsel, juga menambah daya tarik investor untuk masuk di Makassar.

"Itu menjadi target kami untuk investasi di tahun 2013 ini. Tetapi, target itu dapat tercapai jika sepanjang tahun tidak ada hal yang sangat krusial sehingga mempengaruhi investasi di Makassar," ujarnya.

Suwiknyo juga menjelaskan Disperindag Makassar mengandalkan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA), sehingga target investasi pada 2013 bisa terealisasi.

Walaupun menargetkan nilai investasi sebesar Rp5 triliun, dirinya mengaku pertumbuhan investasi di Makassar akan tidak sebaik pada 2012. Hal tersebut didasari pertimbangan pada 2013 ada dua kali Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulsel dan Makassar.

"Tahun 2013 kemungkinan menjadi titik balik perkembangan investasi di Makassar. Tetapi itu hanya akan berpengaruh di PMA, tidak untuk PMDN," katanya.

Suwiknyo juga berharap keseriusan pemerintah provinsi (Pemprov) dalam membantu Pemkot Makassar untuk menyelesaikan jalur lingkar tengah (middle ring road) agar bisa cepat terealisasi.

Menurutnya, penyelesaian jalur lingkar tengah akan membantu daerah-daerah di timur Sulsel karena jalur tu menghubungkan beberapa kabupaten serta Makassar, sehingga pertumbuhan ekonomi akan semakin berkembang. (Editor : EK Sinoel)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar