Mamuju (Antara News) - Pembangunan tanggul sebagai penahan abrasi pantai di pesisir desa Tampalang Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat minta dipercepat karena sangat dibutuhkan masyarakat.

"Pemerintah di Mamuju sudah berjanji akan membangun tanggul penahan ombak di pesisir pantai desa Tampalang dalam rangka mengantisipasi ancaman abrasi, namun hingga kini belum dilakukan," kata Agus salah seorang warga di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, warga masih belum terlindungi dari ancaman gelombang pasang yang sebelumnya melanda wilayah pesisir pantai desa Tampalang sehingga mengakibatkan belasan rumah warga porak-poranda.

Menurut dia, tanggul penahan ombak yang melindungi pemukiman warga hancur diterjang gelombang pasang akibat abrasi sebelum akhirnya memporak-porandakan pemukiman warga hingga warga kehilangan tempat tinggal dan mengunsi ketempat aman.

Oleh karena itu ia berharap agar tanggul penahan ombak untuk melindungi pemukiman warga dibangun kembali secepatnya pemerintah guna mengganti tanggul yang sebelumnya hancur diterjang gelombang pasang agar dapat melindungi pemukiman warga.

"Warga sangat berharap janji pemerintah untuk membangunkan tanggul korban abrasi pantai di pesisir pantai desa Tampalang Kecamatan Tapalang dapat tepati, dan dipercepat pelaksanaannya," katanya

Akbar warga lainnya mengatakan, rumah warga yang terletak di pesisir pantai di Kecamatan Tapalang itu sudah menjadilangganan gelombang pasang ketika angin kencang terjadi di perairan sulawesi.

Menurut dia, peristiwa gelombang pasang yang sebelumnya terjadi membuat takut warga karena mirip tsunami kecil karena disaat air laut pasang berubah menjadi gelombang tinggi menghantam rumah warga membuat rumah warga menjadi porak-poranda

Oleh karena itu ia juga berharap tanggul penahan ombak harus dibangunkan kembali untuk warga agar dapat melindungi mereka dari terjangan gelombang pasang. (Editor : Biqwanto Situmorang)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar