Makassar (Antara News) - Pemerintah Negara Polandia menyatakan minat untuk melakukan investasi di Makassar, Sulawesi Selatan, terkait dengan perkembangan dan kemajuan ekonomi yang tumbuh secara siginifikan.

"Pemerintah kami tertarik untuk berinvestasi di Sulsel, terkhusus di Makassar karena potensi yang dimiliki Sulsel juga dibutuhkan Pemerintah Polandia," kata Konselor Utama Kepala Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Polandia di Jakarta, Romuald Morawski, Kamis di Makassar.

Dalam pertemuan dengan sejumlah staf Pemerintah Kota di Balai Kota Makassar, Romuald menyatakan, dengan adanya pertemuan sebelumnya dengan Pemerintah Provinsi (pemprov) Sulsel, maka pihaknya segera menindaklajuti.

"Saya sudah dengar potensi yang dimiliki Sulsel. Untuk itu kami akan melihat lebih jauh potensi tersebut dan menidaklanjuti pada pertemuan sebelumnya," ujar dia.

Menurutnya, dengan pertemuan tersebut maka ditindaklanjuti dengan mengagendakan seminar promosial Indonesia-Polandia akan digelar di gedung Celebes Convention Center (CCC) pada 14-17 Maret 2013.

"Nantinya pada pameran itu, juga dilakukan pameran Sinar Food Exhibition yang bertujuan untuk mendorong hubungan antara pengusaha di Makassar dengan pengusaha asal Polandia," katanya.

Romuald menambahkan, pihaknya telah mengincar investasi di bidang pertambangan, salah satunya pertambangan emas dan nikel yang ada di wilayah Sulsel dan pariwisata.

Terkait investasi akan dilakukan pemerintah Polandia di Sulsel, Romuald mengaku belum bisa menjelaskan jumlah pasti investasinya. Namuan, dia menyatakan kerjasama itu nantinya akan saling menguntungkan dibidang ekspor-Impor.

Sebelumnya, kerja sama antara Indonesia-Polandia di bidang ekspor-impor pada2012 mencapai angka 578,6 juta Euro dan meningkat setiap tahunnya.

Tahun ini pemerintah Polandia fokus berinvestasi di pulau Sulawesi karena dinilai mempunyai potensi besar di luar pulau Jawa.

Romuald Morawski sebelumnya telah bertemu dengan Pemvrov Susel melalui Gubernur Syahrul Yasin Limpo pada tahun 2012 guna menjajaki kerjasama ekonomi dengan Sulsel.

Pertumbuhan ekonomi di Sulsel dan Makassar mencapi 9 persen lebih mengunguli beberapa provinsi dan kota di Indonesia.

Hal itu kemudian ditindaklajuti dengan bertemu pihak Pemkot Makassar dengan mengelar pertemuan dengan pejabat Pemkot diwakili Asisten III Bidang Aset dan Keuangan, Syahrir Sappaile dan Kepala Bagian Ekonomi Pembangunan, Alimuddin Tarawe dan unsur pengusaha tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sulsel.

Perwakilaan Iwapi Sulsel Dra Urfiah Syanty diketahui sebagai fasilitator pemerintah Polandia agar berinvestasi di Sulsel mengemukakan, kerjasama tersebut untuk mempercepat pembangunan di Sulsel.

"Dengan adanya keseriusan pemerintah Polandia yang akan berinvestasi di Makassar akan sangat menguntungkan pemerintah kota dan pemerintah provinsi," katanya.

Editor : Subagyo

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar