Makassar (Antara News) - Empat kabupaten di Sulawesi Selatan mengajukan diri sebagai penyelenggara Pra-Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV Bantaeng cabang pencak silat, Mei 2013.

Pengurus IPSI Sulsel Muhammad Arham di Makassar, Jumat, mengatakan bahwa keempat kabupaten itu telah berkomitmen dalam menyukseskan ajang kualifikasi atlet tersebut. Keempat daerah itu, yakni Kabupaten Jeneponto, Selayar, Luwu, dan Sinjai.

Keinginan empat kabupaten tersebut, kata dia, sudah disampaikan relatif cukup lama. Namun, pihaknya belum bisa memastikan dan masih akan membahasnya dengan ketua umum dan pengurus lainnya.

"Kita memberikan apresiasi atas keinginan daerah sebagai penyelenggara. Untuk menentukan daerah mana yang kita tunjuk, akan tergantung berbagai aspek, termasuk soal kelayakan sarana dan prasarana serta kesiapan secara finansial," jelasnya.

Pada babak kualifikasi Porda itu, kata dia, akan diikuti seluruh pengurus daerah minus IPSI Bantaeng yang akan bertindak selaku tuan rumah Porda 2014.

"Pelaksanaan Pra-Porda kita rencanakan Mei 2013. Artinya setiap peserta memiliki banyak waktu dalam mematangkan persiapan atlet.Kita juga meminta para peserta hanya menurunkan atlet putra daerah untuk menghindari protes dari daerah lain," kata Pelatih Silat Sulsel tersebut.

Ketua KONI Bantaeng Ahmad Karim memastikan akan lebih memperketat proses registrasi atlet untuk menghindari penggunaan atlet bayaran di Porda XV Bantaeng 2014.

Pihaknya juga meminta KONI Sulsel tidak ragu memberikan sanksi tegas bagi daerah yang tetap menggunakan atlet bayaran demi meraih prestasi pada ajang empat tahunan tersebut.

Menurut dia, Porda yang digelar setiap empat tahun itu dilaksanakan dengan tujuan mencari atlet yang bisa memperkuat Sulsel ditingkat nasional. Namun, jika ternyata menggunakan atlet dari luar tentu merugikan Sulsel ke depan.

"Pelaksanaan Porda sebelumnya sempat terganggu akibat protes status atlet. Ini pun yang ingin kita hindari dengan cara lebih memperketat registrasi atlet," ujarnya.

Sementara itu, Perguruan Silat Tapak Suci Sulsel akan menggelar diklat kepelatihan serta ujian kenaikan tingkat bagi pelatih se-Sulsel di Makassar, 28--31 Maret 2013.

Dalam kegiatan tersebut akan dihadiri sekitar 100 pelatih dari perguruan tapak suci se-Sulsel. Pengprov Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Sulsel berharap kesempatan ini bisa dimanfaatkan demi peningkatan kualitas pelatih Sulsel ke depan.

Editor : D.Dj. Kliwantoro

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar