Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sulawesi Selatan menggelar seleksi atlet Kejurnas Catur Jakarta 2013 melalui kejuaraan daerah (kejurda) di Kabupaten Bone, Sulsel, pada pertengahan Mei.

Ketua Harian Percasi Sulsel Wasir Thalib di Makassar, Kamis, mengatakan akan menyeleksi ratusan pecatur terbaik dari berbagai kabupetan/kota di Sulsel. Ke 10 pecatur terbaik akan diprioritaskan mewakili Sulsel di Kejurnas Jakarta, 12-18 Juni.

"Ini merupakan komitmen Percasi dalam hal prestasi. Kami sengaja melaksanakan seleksi dengan harapan seluruh atlet yang diturunkan bisa bersaing sekaligus mempersembahkan prestasi bagi Sulsel. Kita juga menolak memberangkatkan atlet yang hanya ingin sekadar jalan-jalan semata," jelasnya.

Pada Kejurda 2013, direncanakan akan dibuka Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu`mang. Kehadiran Wagub juga kapasitasnya sebagai Ketua Umum Percasi Sulsel.

Terkait jumlah atlet yang akan diakomodasi, kata dia, juga masih akan tergantung kemampuan dana Pengprov Percasi. Pihaknya juga memberikan kesempatan bagi atlet lain yang punya potensi bisa berpartisipasi namun ditanggung pencab terkait.

Untuk target di Kejurnas 2013, Percasi Sulsel berharap bisa menembus peringkat 15 besar bahkan masuk 10 besar. Pihaknya juga meminta atlet yang terpilih bisa bermain lepas dan memanfaatkan kejuaraan tersebut untuk mengasah kemampuan dan mental sebagai persiapan menghadapi babak kualifikasi PON Jabar.

"Kami akan lebih selektif memilih atlet ke kejurnas. Kami juga akan memberikan kesempatan bagi pecatur muda untuk mencari pengalaman. Mudah-mudahan pecatur muda itupun yang akan menjadi andalan Sulsel kedepan," katanya.

Terkait kegagalan tim catur Sulsel berlaga di PON Riau 2012, kata dia, karena persoalan minimnya pengalaman pecatur tampil di kejuaraan. Kondisi itu yang diharapkan tidak terulang pada PON 2016 dengan keterlibatan sejumlah atlet di berbagai ajang.

Apalagi, lanjutnya, Percasi Sulsel juga akan menggelar turnamen terbuka se-Sulsel di Makassar, Juli. Kejuaraan ini bukan hanya ajang mencari bibit atlet potensial namun juga diharapkan semakin memotivasi atlet dalam meningkatkan kemampuannya.

"Jam terbang atlet yang sejauh ini menjadi masalah akan kita upayakan menyelesaikannya. Kami juga berharap tim catur Sulsel bisa lolos ke PON 2016," ujarnya.

Demisioner Sekum KONI Sulsel Nukhrawi Nawir mengatakan catur bukan merupakan cabang andalan Sulsel. Namun dengan komitmen diharapkan kedepan bisa menjadi lumbung pengumpul medali Sulsel.

Editor : Farochah


Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar