Mamuju (ANTARA Sulsel) - Warga Desa Bala-Balakang Timur, Kecamatan Kepulauan Bala-Balakang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, meminta agar Pemkab setempat membangun pasar dalam rangka mendukung peningkatan ekonomi masyarakat di daerahnya.

"Warga Bala-Balakang Timur merindukan adanya pembangunan pasar. Sebab, beberapa gugusan pulau berpenghuni sama sekali belum memiliki pasar tradisional," kata Sukardi warga Bala-Balakang saat bertandang ke rumah jabatan Ketua DPRD Sulbar H.Hamzah Hapati Hasan di Mamuju, Kamis.

Menurutnya, keberadaan pasar akan ikut mendongkrak perekonomian masyarakat yang selama ini sulit memasarkan hasil tangkap nelayan.

Sukardi menyampaikan, hasil tangkap nelayan satu-satunya mata pencaharian warga yang bermukim di daerah kepulauan. "Daerah Bala-Balakang Timur dihuni sekitar 80 Kepala Keluarga (KK). Sayangnya, sarana pasar yang sejak lama dinantikan belum juga ada walaupun selama ini telah lama kami usulkan kepada pemerintah,"ungkapnya.

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Ketua DPRD Sulbar, H.Hamzah Hapati Hasan berjanji akan tetap ikut membantu masyarakat yang ada di daerah kepulauan Bala-Balakang.

"Usulan masyarakat untuk sementara kami tampung. Nanti setelah pembahasan APBD-Perubahan 2013 baru kita pikirkan,"ujarnya.

Demikian pula dengan usulan pemberian bantuan alat Global Positioning System (GPS) untuk meningkatkan tangkapan dan kesejahteraan nelayan di daerah itu.

Ia mengatakan, sekitar 60 unit kapal nelayan tradisional perlu dibekali alat GPS sehingga tak ada nelayan dipaksa kesasar hingga memasuki perairan Filipina.

Hamzah menyampaikan, dirinya siap membantu pemberian bantuan GPS sebanyak 60 unit dengan estimasi anggaran sekitar Rp150 juta.

"Bantuan GPS ini harusnya dikoordinir komunitas nelayan untuk digunakan saat turun melaut. Bantuan ini untuk digunakan semua nelayan dan bukan bantuan yang sifatnya perorangan," pungkas Hamzah.

Editor : Iskandar Zulkarnaen






(T.KR-ACO/B/I014/I014) 28-03-2013 19:20:08

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar