Berita Terkait
Makassar (ANTARA Sulsel) - Alokasi dana PNPM Mandiri Pedesaan Sulawesi Selatan pada 2013 sebesar Rp230 miliar, menurun dibanding 2012 yang mencapai Rp330 miliar.

"Total anggaran yang disalurkan melalui Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat itu menurun dibandingkan tahun lalu karena secara nasional dananya hanya disiapkan Rp8 triliun," kata Ketua PNPM Sulsel Andi Syahrir Kube di Makassar, Selasa.

Menurut dia, dana untuk pembinaan masyarakat pedesaan itu baik melalui bantuan modal kerja maupun pemberdayaan/pelatihan diharapkan memiliki dampak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kendati demikian, diakuinya, alokasi dana yang disalurkan pemerintah selama ini tidak signifikan mempengaruhi penurunan angka kemiskinan di Sulsel.

Berdasarkan data BPS Sulsel, angka kemiskinan di Sulsel sekitar 913 ribu jiwa atau sekitar 12 persen dari total penduduk Sulsel pada Sensus Penduduk 2010.

Sementara pada 2012 Pemprov Sulsel telah menargetkan untuk menurunkan angka kemiskinan menjadi 732 ribu jiwa.

Menanggapi pemanfaatan dana PNMP Mandiri Pedesaan di Kabupaten Maros, Sulsel, salah seorang warga di Kecamatan Bontoa H Baharuddin mengatakan, sangat merasakan manfaatnya.

"Karena setelah diberikan modal keterampilan, selanjutnya mendapatkan bantuan modal, sehingga dapat mengembangkan usaha budidaya tambak udang," katanya.

Editor : EK Sinoel





Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar