Mamuju (ANTARA Sulsel) - Tim seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, menggugurkan delapan dari 42 pendaftar calon komisioner masa bakti 2013-2018.

"Setelah dilakukan pemberkasan, maka kami berkesimpulan ada delapan berkas administrasi calon anggota komisioner KPU Mamuju dinyatakan tidak memeuhi syarat,"kata Ketua Timsel KPU Mamuju Sudirman di Mamuju, Senin.

Menurutnya, delapan berkas itu terpaksa dinyatakan gugur karena beberapa hal di antaranya ada yang belum mencukupi umur dan ada pula yang tidak memenuhi syarat sesuai dengan peraturan KPU.

Dengan demikian, kata dia, tersisa 34 orang yang dinyatakan lolos administrasi dan berhak mengikuti tahapan seleksi berikutnya.

Sudirmn mengatakan setelah proses pemberkasan tuntas maka timsel akan melanjutkan tahap seleksi tertulis yang dijadwalkan pada 13 April dan selanjutnya dilakukan seleksi tes kesehatan pada 14 hingga 18 April 2013.

Tahap berikutnya adalah tes psikologi pada 19 hingga 26 April dan terakhir dilaksanakan tes wawancara yang diagendakan berlangsung pada 3 hingga 5 Mei 2013.

"Tahapan ini harus dilalui seluruh calon yang akan mendaftar sebagai komisioner penyelenggara pemilu. Kami hanya menjaring hingga 10 besar untuk diserahkan ke KPU pusat," ungkap Sudirman yang juga wartawan senior Harian Radar Sulbar.

Sudirman menyampaikan timsel akan bekerja selama dua bulan untuk menyeleksi calon anggota KPU Kabupaten Mamuju. Nantinya KPU pusat akan memilih dan menetapkan lima orang berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan.

Ia menambahkan, seleksi itu harus dilaksanakan secara adil, tanpa tekanan dari pihak manapun untuk menghasilkan komisioner yang memiliki integritas, kredibel, dan independen.

Editor : Sigit Pinardi

 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar