Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) kepada KPU Makassar guna diverifikasi menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Jumlah data DP4 dari Dinas Catatan Sipil sebanyak 1.179.410 juta orang dari jumlah penduduk Makassar total 1,6 juta orang," tutur Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin di Makassar, Selasa.

Ia menyebutkan, dengan besarnya jumlah DP4 yang diserahkan ke KPU Makassar untuk dikelola menjadi DPT, itu menandakan potensi suara di makassar sangat besar.

"Makassar sangat potensial, kami berharap Pilkada Wali Kota Makassar menjadi alat ukur kesuksesan kami dalam menyambut Pemilihan Legsilatif dan Pemilihan Presiden 2014 mendatang," ucapnya.

Wali Kota Makassar dua priode ini meminta masyarakat pro aktif dalam hal verifikasi serta validasi data untuk dijadikan DPT.

"Selama ini partisipasi pemilih tidak pernah signifikan dalam artian jumlah partisipasi pemilih hanya mencapai angka dibawah 70 persen. Kalau melihat pengalaman kita baru antara 55 persen sampai 60 persen untuk partisipasi," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya berharap karena waktu masih panjang dijabarkan melalui DP4 maka pendekatan partisipasi pemilih diharapkan melalui pendekatan orang yang menyalurkan hak pilih di TPS setempat

"Kita harapkan peran RT/RW setempat lurah maupun tokoh masyarakat untuk mengajak partisipasi wajib pilih pada pelaksanaan Pilwalkot pada September 2013," tambahnya.

Pihaknya berharap partisipasi pemilih Pilkada Wali Kota, menjadi barometer Pilcaleg dan Pilpres 2014 bisa berhasil sesuai yang diharapkan.

"Karena biar bagaimana pun keberhasilan Pemilu sangat ditentukan tingkat partisipasi masyarakat dalam keikutsertaan pemungutan suara," tandasnya.

Sementara Ketua KPU Makassar Misnah Hattas meminta aparat di tingkat kecamatan, kelurahan hingga di tingkat RT/RW membantu dalam hal partisipasi terkait validasi data pemilih potensial.

"Kami minta kerjasama lurah dan camat serta RT/RW setempat dalam hal verifikasi data pemilih," ucapnya.

Editor : Agus Setiawan




Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar