Makassar (ANTARA Sulsel) - Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo memperkenalkan mesin pemanen padi canggih di Desa Lengkese dan Bontomanai, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

"Mesin pemanen padi jenis "Combine Harvester" ini memiliki keunggulan, karena mampu memanen lima hektare dalam sehari," kata Syahrul pada acara panen raya di Kabupaten Takalar, Sulsel, Rabu.

Menurut dia, dengan menggunakan teknologi canggih, akan mempermudah pekerjaan petani yang selama ini membutuhkan beberapa orang untuk memanen sawahnya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Namun dengan keberadaan mesin tersebut, lanjut dia, selain dapat menghemat tenaga kerja, juga memiliki efisiensi waktu yang sangat baik.

"Karena itu, mesin yang merupakan karya inovasi di sektor pertanian ini diharapkan akan mendukung target surplus beras tiga juta ton per tahun," katanya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Takalarme memiliki areal persawahan seluas 1.200 hektar di Desa Lengkese dan Bontomanai.

Areal tanaman padi di dua lokasi itu sudah siap panen dan menjadi percontohan penggunaan mesin pemanen padi yang canggih.

Gubernur Sulsel berharap penggunaan teknologi pertanian tersebut dapat ditularkan di daerah lainnya di Sulsel yang terdiri atas 24 kabupaten/kota.

Editor : S Suryatie

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar