Berita Terkait
Mamuju (ANTARA Sulsel) - 251 tenaga honorer kategori dua (K2) yang bekerja di lingkup pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, bakal segera diangkat menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) tahun 2013.

"Bagi tenaga honorer K2 yang bekerja di lingkup Pemprov Sulbar mesti bersabar untuk diangkat menjadi CPNS tahun ini," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulbar, Ansar Nur Hasanuddin di Mamuju, Rabu.

Menurutnya, pengangkatan nasib bagi tenaga honorer K2 menjadi CPNS tentunya masih menunggu petunjuk terkini dari pemerintah pusat.

"Yang pasti agenda pengangkatan tenaga honorer K2 dilakukan tahun ini termasuk bagi tenaga honorer kategori satu (K1) yang jumlahnya mencapai 174 orang," kata dia.

Mantan Kepala Dinas Sosial ini menyampaikan sikap pemerintah daerah cukup jelas yakni memperjuangkan semua tenaga honorer untuk menjadi pegawai pemerintah.

"Selama ini tenaga honorer sudah cukup membantu dalam penyelenggaraan pemerintah. Tentunya, kita akan terus berupaya agar pemerintah pusat mengakomodir pengangkatan bagi tenaga honorer tahun ini," kata dia.

Bahkan kata dia, pihaknya juga telah mengajukan pertimbangan kepada komisi II DPR RI agar 123 tenaga honorer yang gagal menjadi CPNS tahun 2012 juga dicarikan solusinya.

"Nasib 123 tenaga honorer ini memang bermasalah karena tidak melengkapi berkas saat dilakukan audit tahun 2009. Kita telah mengajukan agar mereka itu dimasukkan dalam K1 atau K2," ujarnya.

Ia menyampaikan, persoalan tenaga honorer K1 lingkup pemprov tetap menjadi perhatian pemerintah agar kesemuanya bisa menjadi CPNS.

"Persoalan K1 berawal ketika dilakukan pengumuman 65 yang lolos berkas. Namun saat itu oleh Menpan kembali melakukan klarifikasi untuk dilakukan evaluasi ulang," katanya.

Dia menyampaikan, evaluasi ini dilakukan karena saat itu beragam isu bermunculan sehingga DPR RI meminta Menpan melakukan klarifikasi secara keseluruhan bagi tenaga honorer K1 di Indonesia.

Jadi, kata dia, bukan berarti 109 akan terabaikan namun pemerintah tidak bisa menjamin apakah mereka diangkat menjadi CPNS.

"Ada beberapa kemungkinan yakni apakah semuanya gagal menjadi CPNS, atau sebagian saja atau semunya lolos," ungkap Ansar.

Editor : Agus Setiawan

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar