Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sulawesi Selatan memutuskan menunda pelaksanaan kejuaraan daerah (Kejurda) di Kabupaten Bone yang awalnya digelar Mei diundur Juni 2013.

Ketua Harian Percasi Sulsel Wasir Thalib, di Makassar, Senin, mengatakan, alasan penundaan karena kesiapan sejumlah peserta. Pihaknya berharap penundaan ini bisa dimanfaatkan seluruh peserta untuk lebih mematangkan persiapan agar bisa terpilih mewakili Sulsel di Kejurnas Catur Jakarta 2013.

"Kita tidak ingin kejurda yang merupakan ajang seleksi kejurnas ini berjalan seadanya. Inipun yang membuat kita memilih menunda agar seluruh atlet bisa lebih mematangkan persiapannya," jelasnya.

Kejurda Bone 2013 rencananya akan diikuti ratusan pecatur terbaik dari berbagai kabupetan/kota di Sulsel. Dari seluruh peserta kemudian dipilih 10 pecatur terbaik yang diprioritaskan mewakili Sulsel di Kejurnas Jakarta, 2013.

Terkait jumlah atlet yang akan diakomodasi, kata dia, masih akan tergantung kemampuan dana Pengprov Percasi. Pihaknya memberikan kesempatan bagi atlet lain yang punya potensi bisa berpartisipasi namun ditanggung pencab terkait.

Selain kejurda, Percasi Sulsel juga akan menggelar turnamen terbuka se-Sulsel di Makassar, Juli 2013. Kejuaraan ini bukan hanya jadi ajang mencari bibit potensial namun juga diharapkan semakin memotivasi atlet dalam meningkatkan kemampuannya.

"Khusus untuk pelaksanaan kejurda kita rencanakan pada pertengahan Juni 2013. Mudah-mudahan tidak ada lagi halangan sehingga kita memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan diri," katanya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, mengatakan, pihaknya siap mendukung kegiatan tersebut. Apalagi dengan menggelar kejuaraan yang lebih rutin akan membuat atlet lebih termotivasi dalam berlatih.

Bahkan, menurut dia, kejuaraan tersebut juga menjadi salah satu upaya yang cukup efektif dalam mengembangkan olahraga catur khususnya yang bertujuan untuk mengejar prestasi. Percasi Sulsel juga diharapkan lebih fokus dalam pembinaan atlet muda yang akan menjadi andalan di PON Jabar 2016.

"Kegagalan catur Sulsel di PON 2012 kita harapkan tidak terulang pada PON Jabar 2016. Mudah-mudahan dengan banyaknya tampil di kejuaraan bisa membuat kualitas atlet semakin menjanjikan," ujarnya.

Editor : J Suswanto

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar