Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sulawesi Selatan menunggu partisipasi Kabupaten Toraja Utara, Sulsel, pada Pra Pekan Olahraga Daerah (Porda) di GOR Sudiang Makassar, Juni 2013.

Sekretaris Umum PASI Sulsel Addien, di Makassar, Selasa, mengatakan, kehadiran kontingen Toraja Utara di pra porda 2013 bukan hanya membuat babak kualifikasi lebih ketat. Kehadiran kabupaten hasil pemekaran Toraja itu juga sebagai upaya meningkatkan potensi atletik di daerah tersebut.

"Pada pelaksanaan pra porda lalu memang belum masuk karena masih bergabung dengan Kabupaten Toraja. Saya kira dengan berpartisipasi justru membuat cabang atletik lebih populer. Atlet juga akan lebih termotivasi dalam meningkatkan kemampuannya," jelasnya.

Pada pelaksanaan pra porda 2013, kata dia, diikuti sekitar 300 atlet dari 22 kabupaten/kota di Sulsel. Seluruh atlet bersaing di 32 nomor pertandingan dari sejumlah kelas yakni stafet, lompat jauh, lempar lembing, tolak peluru, lempar cakram, hinga jalan cepat.

Sedangkan untuk pra porda 2013, PASI Sulsel berharap jumlahnya bisa bertambah dengan ketentuan kehadiran Toraja Utara.

Sekretaris Umum KONI Sulsel itu juga menjelaskan alasan memilih Makassar sebagai tuan rumah pra porda. Salah satunya karena Makassar memiliki sarana dan prasarana yang lebih lengkap. Lintasan atletik yang berada disekitar kawasan olahraga Sudiang tersebut juga berstandar nasional.

"Kita juga belum menerima permintaan dari daerah untuk menjadi pelaksana pra porda. Namun kita tetap memilih Makassar karena dari dalam berbagai hal dinilai lebih siap," katanya.

Pelatih atletik Sulsel Daniel, mengatakan seluruh atlet yang berada dalam naungan Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sulsel akan kembali memperkuat daerah masing-masing. Pihaknya juga berharap setiap atlet binaanya bisa lolos ke Porda XV Bantaeng 2014.

Selain proyeksi pra porda, tim Sulsel juga saat ini fokus mempersiapkan diri menghadapi kejurnas PPLP di Semarang, Agustus 2013. Meski atlet yang ada saat ini baru bergabung di PPLP, namun pihaknya tetap berharap mempersembahkan yang terbaik.

"Nasirah yang dikejurnas junior 2013 di Jakarta meraih perak kita harapkan bisa tampil lebih baik lagi. Untuk atlet lainnya seperti Fitri dan Michael yang juga cukup berpengalaman kita harapkan juga meraih minimal perunggu,"ujarnya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, berharap setiap daerah tidak lagi menggnakan atlet bayaran dalam menghadapi pra porda dan Porda Bantaeng 2014. Sebab ajang ini digelar dengan tujuan mencari bibit atlet yang bisa memperkuat Sulsel di kejuaraan nasional hingga internasional.

Editor : Agus Setiawan

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar