Makassar (ANTARA Sulsel) - Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Alauddin menyiapkan masing-masing sekitar 5.000 orang kuota untuk mahasiswa baru (Maba) tahun akademik 2013/2014.  

"Panitia Lokal 80 Wilayah IV yang terdiri dari UNM dan UIN masing-masing menyiapkan kuota sebanyak 5.000 orang calon Maba," kata Rektor UNM Prof Dr H Arismunandar di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan untuk penerimaan Maba dibuka tiga jalur pendaftaran yakni melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri.

Menurut dia, khusus jalur SNPTN dan SBMPTN bagi siswa berprestasi dan masuk kategori dari keluarga miskin, maka biaya masuknya ditanggung oleh negara. Sehingga calon Maba tidak mengeluarkan biaya pendaftaran.

Sedangkan jalur mandiri, lanjut dia, dikenai biaya ujian tulis sebesar Rp175 ribu per orang bagi yang memiliki kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek) atau kelompok ujian Sosial, Hukum dan Umum (Soshum).

Sementara bagi calon Maba yang memilih kelompok ujian campuran(Sainstek dan Soshum) membayar Rp200 ribu pada Bank Mandiri untuk mendapatkan nomor PIN dalam mengakses pendaftaran melalui website http://ujian.sbmptn.or.id mulai pada 13 Mei 2013 hingga tujuh Juni 2013 pukul 22.00 WIB.

Khusus penerimaan Maba di UIN Alauddin, Makassar Rektor UIN Prof Dr H Qadir Gassing mengatakan, dari 5.000 orang kuota yang disiapkan, sebanyak 1.250 orang untuk jatah melalui jalur SNMPTN, 750 orang melalui SBMPTN dan selebihnya untuk jalur khusus dan mandiri.

"Yang jelas, sesuai dengan ketentuan Kemendikbud minimal 30 persen kuota untuk jalur nasional, namun yang kami siapkan sudah di atas ketentuan itu," katanya.

Mengenai antisipasi praktik perjokian, dia mengatakan akan dilakukan dengan dua cara yakni pengawasan ketat pada saat pelaksanaan ujian dan pengawasan melalui sistem informasi yang mendeteksi dari pola jawaban calon Maba.

Editor : Farochah   

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar