"Perampingan kelembagaan itu sekaligus untuk meminimalisir penggunaan anggaran. Intinya, saya inginkan kelembagaan ramping tetapi kerjanya banyak. Buat apa kita bentuk kelembagaan yang gemuk tetapi tidak jelas kerjanya. Itu kan boros anggaran," ungka
Berita Terkait
Mamuju (ANTARA Sulbar) - Bupati Mamuju Tengah (Mateng) Sulawesi Barat, Dr.Junda Maulana, mengusulkan untuk segera membentuk 10 kelembagaan dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan pemerintah di wilayah hasil pemekaran kabupaten Mamuju itu.

"Kami inginkan ada 10 kelembagaan di Mateng yakni enam dinas dan empat lembaga teknis termasuk sekretariat dalam mendukung pelaksanaan roda pemerintahan. Yang pasti, kelembagaan yang kami akan bentuk bersentuhan langsung dengan kepentingan publik," kata Bupati Mateng, Junda Maulana di Mamuju, Senin.

Menurutnya, selaku daerah otonom baru tentu tidak relevan jika kelembagaan yang dibentuk justru gemuk sehingga beberapa kelembagaan akan dilakukan perampingan.

"Perampingan kelembagaan itu sekaligus untuk meminimalisir penggunaan anggaran. Intinya, saya inginkan kelembagaan ramping tetapi kerjanya banyak. Buat apa kita bentuk kelembagaan yang gemuk tetapi tidak jelas kerjanya. Itu kan boros anggaran," ungkap Mantan Kepala Bappeda Mamuju ini.

Junda menyampaikan, meski Mateng belum memiliki kantor DPRD namun tetap diusulkan pembentukan sekretariat dewan.

"Sekretariat dewan tetap kita bentuk berdasarkan hasil penekanan dari pemerintah pusat. Proses pelantikan pejabat yang akan dilaksanakan setelah pemilihan legislatif 2014 mendatang," jelasnya.

Ia menyampaikan, usulan pembentukan kelembagaan ini telah diajukan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendgari) di Jakarta.

"Setelah ke Mendagri mengesahkan pembentukan kelembagaan di Mateng maka langkah selanjutnya akan dibuatkan surat keputusan bupati terkait kelembagaan pemerintah. Termasuk, pengalihan aset pemkab Mamuju ke Mamuju Tengah," terangnya.

Junda menambahkan, proses pelantikan pejabat yang akan menempati posisi jabatan eselon II, III dan IV akan dilaksanakan setelah kelembagaan terbentuk.

"Kita berharap, kelembagaan ini bisa segera diwujudkan sehingga penyelenggaraan pemerintah di kabupaten keenam di Sulbar ini berjalan maksimal," ungkap Junda yang juga alumni STPDN ini. N Sunarto

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar